Logo

Tips Agar Tidak Tertipu Saat Belanja Online

Tips Agar Tidak Tertipu Saat Belanja Online


Distributor Pulsa Electrik Termurah
Diera yang sudah modern ini, banyak teknologi yang diciptakan untuk membantu aktifitas dan pekerjaan manusia. Salah satunya adalah dalam berbelanja. Belanja saat ini berbeda dengan dulu, sekarang belanja tidak harus pergi ke tempat atau tokonya. Cukup dengan berselancar di internet dan memilih apa yang anda ingin beli. Aktifitas tersebut disebut dengan belanja online atau online shopping. Ternyata online shop ini lebih memudahkan pembeli dalam mendapatkan barang yang diinginkan. Metode pembayarannya juga berbeda. Pada online shop kebanyakan sistem pembayarannya cenderung menggunakan transfer bank atau antar rekening meskipun ada juga yang COD ( cash on delivery). Sebelum ada jual beli online transaksinya secara langsung face to face antara pembeli dan penjual.

Tips Agar Tidak Tertipu Saat Belanja Online


Namun dibaliknya kemudahan tersebut terdapat banyak sekali resiko seperti penipuan. Biasanya pembeli tidak mendapatkan barang sesuai yang dibeli misalnya barangnya jelek atau bahkan tidak mendapatkan barangnya sama sekali alias ketipu setelah dilakukan pembayaran atau transfer  Kasus penipuan online semakin marak sekali. Terbukti dengan banyaknya orang yang tertipu dengan jumlah yang berfariasi mulai dari ratusan hingga ratusan juta. Sudah ditransfer namun barangnya tidak pernah dikirim dan tidak bisa dihubungi lagi setelah itu baik lewat telfon, bbm atau kontak lainnya. Sehingga pihak yang merasa dirugikan mencoba untuk mencari identitas dari pemilik rekening tersebut.

Artikel Terkait: Lupa Nomor Rekening Bank? Begini cara mengetahuinya

Tips-tips agar anda tidak tertipu saat berbelanja online :

Kenali Produk

Ketahui dengan jelas produk yang akan anda beli. Jangan sampai kecewa karena barangnya tidak sesuai yang diinginkan. Anda bisa menanyakan kepada penjualnya secara details mulai dari harga, foto produk dan kelengkapannya. Agar anda bisa mencocokkan barangnya dengan yang diiklankan sesuai atau tidak.

Kenali Penjual

Informasi tentang penjual juga penting sekali. Sebelum membeli produknya lebih baik kenali terlebih dahulu asal usul penjual tersebut, reputasinya, testimonial dll. Anda perlu hati-hati jika penjualnya masih tergolong baru dan belum ada reputasi atau testimonial.

Hindari Harga yang tidak wajar

Salah satu metode penipu dalam menjaring korban adalah dengan memberi iming-iming harga yang tidak wajar dan jauh lebih murah dari harga pasaran. Semua pasti suka harga murah atau diskon besar. Namun harga akan menentukan kualitasnya. Penjualnya tentu saja ingin mendapatkan laba dari barang yang dijual. Tidak mungkin penjual menjual harga terlalu murah dan jelas-jelas merugikan mereka kecuali penjualnya adalah penipu.

Pilih Website yang Terpercaya

Sebelum berbelanja online, pastikan anda sudah mencari tahu situs jual beli mana yang aman dan minim penipuan. Dimulai dengan search di internet atau biasanya yang lebih terpercaya umumnya di iklankan di televisi, atau radio. Meskipun nama websitenya sudah terkenal dan tidak asing lagi, bukan berarti aman 100%. Tidak !!! website hanya memfasilitasi tempat atau lapak tetapi penjualnya siapa saja bisa termasuk seseorang yang sengaja ingin melakukan penipuan dengan memanfaatkan fasilitas tersebut. Namun setidaknya anda akan lebih aman jika memilih website yang terperaya.

Simpan Bukti Pembayaran

Ketika anda akan melakukan pembayaran dengan mentransfer, simpanlah bukti transfernya. Jika transfer lewat ATM cetaklah struk transfernya dan kalo menggunakan SMS banking simpanlah sms notifikasinya. Ini akan membantu ketika penjual mencoba membongi atau menipu anda.

Pake Jasa Rekber (Rekening Bersama)

Salah satu cara untuk terhindar dari penipuan adalah menggunakan jasa pihak ketiga atau REKBER. Ketika menggunakan rekber maka uang yang ditransfer pembeli tidak akan langsung masuk ke rekening penjual melainkan ke rekening pihak ketiga (rekber) terlebih dahulu sampai barang yang dikirim diterima oleh pembeli, kemudian uangnya baru dialihkan ke rekening pembeli. Namun anda harus memilih jasa rekber yang aman dan terpercaya.

Baca Juga: Teknik Promosi Lewat Facebook

Lakukan COD (Cash On Demand)

COD ini bisa disebut dengan istilah ketemuan. Jadi antara penjual dan pembeli melakukan kesepakan untuk bertemu di sebuah tempat yang sebelumnya sudah disepakati. Biasanya barangnya terlebih dahulu dipromosikan secara online. Ini adalah kegiatan transaksi secara langsung  karena pembeli akan melihat terlebih dahulu sebelum melakukan pembayaran. Cara ini lebih aman dari tindakan penipuan. Jika penjual tidak mau diajak COD padahal lokasi antara penjual dan pembeli tidak begitu jauh maka perlu dicurigai kalau penjual tersebut adalah penipu online.

Anda mencari Distibutor PULSA & KUOTA termurah ? disini tempatnya: Klik Disini.

Telusur Reload

Posted by Ahmad Farid at Thursday, December 29, 2016


No comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top