Logo

Ciri - ciri Penipuan Melalui SMS

Ciri - ciri Penipuan Melalui SMS


Distributor Pulsa Electrik Termurah
Panduan Berbisnis Pulsa – Pernahkan anda menerima pesan sms dari orang tidak anda kenal yang smsnya berisi bahwa anda mendapatkan hadiah uang puluhan bahkan ratusan juta, atau mobil, atau benda berharga lainnya ?

Jika pernah, anda harus hati-hati terhadap sms tersebut, banyak sekali sms seperti itu tersebar diseluruh indonesia dan sms tersebut tidak lain adalah sms penipuan.

Ciri - ciri Penipuan Melalui SMS

Entah karena faktor apa sms tersebut semakin marak kita temui di tahun 2016 ini. Mungkin karena penipuan lewat sms lebih mudah, aman dan target sasarannya banyak. Sehingga tidak sedikit jumlah pengguna telephone seluler yang telah menjadi sasaran empuk dari penipuan ini. Saya sendiri berkali-kali menerima sms seperti ini dalam setahun ini.

Agar anda tidak menjadi korban sms penipuan, berikut adalah Ciri-ciri dari sms penipuan :

1. Nomor Pengirim

Kita bisa membedakan antara benar atau tidaknya isi dari sms yang kita terima adalah dengan memperhatikan nomor pengirim sms. Sebenarnya dari nomor pengirim kita sudah bisa menetapkan bahwa sms tersebut adalah scam / penipuan.

Jika sms tersebut berasal dari nama operator selluler (tanpa nomor) Seperti telkomsel, Indosat, XL-Axiata, M-tronik, Optin Tsel. Ini maka ada kemungkinan kebenaran akan informasi didalam sms tersebut. Namun anda tetap menghubungi call center terkait untuk memastikan kebenaran info tersebut.

Ciri - ciri Penipuan Melalui SMS
Sms Penipuan

Namun jika sms tersebut tertera nomor pengguna biasa seperti memakai telkomsel dengan nomor misalnya 08122640326412 atau dengan nomor Indosat contoh: 08561112222233 dan atau nomor Xl  sebagai contohnya: 08772333444455. Jika demikian bisa dipastikan sms tersebut adalah berisi info palsu atau penipuan. Info hadiah dari operator seluler biasanya dikirim dengan menggunakan nomor khusus seperti “TELKOMSEL” untuk menginfokan kepada penerimanya dan anda tidak akan dikenakan pajak atau tidak dipungut biaya sepeserpun karena sudah ditanggung pihak pemberi hadiah.

2. Blog/Website Hadiah

Ciri lain dari sms penipuan adalah menggunakan web/blog berhosting gratisan dan memakai nama domain gratisan juga seperti blogspot.com, wordpress.com, co.uv dll. Website resmi sudah pasti menggunakan domain berkualitas, berbayar dan memakai web hosting premium misal seperti www.xl.co.id, www.tri.co.id, www.indosat.co.id, dan lain-lain. Paling tidak sebuah website yang bisa kita percaya itu harus memiliki domain yang berkualitas, seperti .Com, .org, .me, .Net, .Co.id, sebagainya.

Jika ada sms yang berisi link website menggunakan domain dengan nama yang panjang, bukan subdomain dari web resmi, dan jika dibuka tampilannya acak-acakan dan kurang berkualitas sudah pasti itu website scam/penipuan. Contohnya seperti ini: www.pusatmtronik88.blogspot.com dan www.gebyarbankbri2015.co.vu

Bisa kita perhatikan pada kata “blogspot.com” ini merupakan domain gratisan dan tidak seperti website resmi pada umumnya yang hanya berakhiran .com dan kata “co.uv”  yang menggunakan domain gratisan dan dibuat dengan asal-asalan untuk tujuan menipu.

Jika isi sms sudah menggunakan website seperti contoh diatas dapat dipastikan sms tersebut dari orang yang tidak bertanggung jawab dan dapat dipastikan untuk tujuan penipuan.

Kesimpulannya jika anda menerima sms berhadiah anda harus memperhatikan 2 poin yaitu dengan melihat nomor pengirim dan menganalisa websitenya jika tertera.

Cara Melaporkan Sms Penipuan ke Telkomsel, XL dan Indosat



Posted by Ahmad Farid at Tuesday, March 01, 2016


No comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top