Logo

Cara Mengetahui Status Aktif atau Tidak Kartu BPJS

Cara Mengetahui Status Aktif atau Tidak Kartu BPJS


Distributor Pulsa Electrik Termurah
Cara Mengetahui Status Aktif atau Tidak Kartu BPJS - Dikarenakan suatu kepentingan, mendadak ingin mengetahui secara pasti tentang status aktif atau tidaknya kartu Bpjs, namun untuk mengetahuinya cukup membingungkan ditambah jika anda lupa waktu terakhir  membayar iuran bpjs, jadi saat ingin berobat menggunakan kartu bpjs kesehatan jadi cemas dan was was, apalagi jika anda adalah pengguna baru kartu bpjs yang mana akan otomatis diaktif minimal 14 hari setelah proses pendaftaran atau pembayaran.

Cara Mudah Mengetahui atau Cek Status Aktif Atau Tidak Kartu BPJS

Mengetahui aktif atau tidaknya memang sangat penting untuk memastikan kalau kartu benar-benar masih aktif dan masih bisa dipakai untuk berobat. Kenapa bpjs nonaktif ? BPJS sendiri ialah iuran bulanan dan ketika tidak dibayarkan atau terjadi tunggakan beberapa bulan maka akan dinonaktifkan keanggotaannya secara otomatis. kita tahu bahwa kartu bpjs yang nonaktif itu tidak bisa digunakan untuk berobat dan jika sudah terlanjur digunakan berobat namun faktanya kartu bpjs saat itu tidak aktif, penggunanya bisa dikenakan sanksi atau denda. Jadi kartu bpjs non aktif tidak ada manfaatnya jika dipakai untuk berobat dirumah sakit. Oleh karena itu, mari kita simak ulasan mengenai cara cek status kartu bpjs kesehatan.

Cara Mengetahui Status Aktif atau Tidak Kartu BPJS

Ada dua cara cek status aktif atau belum kartu bpjs kesehatan terbaru yaitu:

1. Via SMS Gateway BPJS

Ketik : NOKA<spasi>NOMOR KARTU BPJS KESEHATAN Kirim ke : 087775500400
Contoh : NOKA 0001345637338777 Isi pesan terebut di kirim ke : 087775500400

2. Hubungi call center BPJS

Silahkan anda menghubungi pusat layanan atau customer service bpjs kesehatan. Caranya, telfon di nomor 1500400. Bilang pada CS kalau ingin mengecek kartu bpjs, nantinya anda akan dimintai informasi nomor bpjs, nama dan tanggal lahir. Setelah CS melakukan sinkronisasi atau pencocokan data sesegera akan diinfokan hasilnya kepada anda.

Baca Juga: Bisnis PPOB - Buka Loket Pembayaran BPJS

Jika anda ingin mengetahui mana yang lebih efektif dari cara yang pertama dan yang kedua. Berdasarkan pengalaman, via SMS sering terjadi error dan kadang tidak direspon atau mendapatkan balasan mungkin bisa dikarena padatnya SMS atau permintaan data dari banyaknya pengguna bpjs. Sedangkan menghubungi CS sangat recommended banget karena selain bisa minta informasi terkait aktif tidaknya kartu bpjs juga bisa mengungkapkan apa yang telah menjadi keluhan kita saat menggunakan kartu bpjs untuk kemudian dikasih saran atau solusi.





Posted by Ahmad Farid at Tuesday, January 03, 2017


No comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top