Logo

Pengertian USSD dan penjelasan tentang USSD

Pengertian USSD dan penjelasan tentang USSD


Distributor Pulsa Electrik Termurah
Pengertian dari USSD dan sedikit pemahaman tentang USSD - Pengguna HP tentu pernah mengetik perintah yang diawali dengan * dan diakhiri dengan #. Biasanya hal tersebut paling sering dilakukan untuk cek pulsa, cek stok dompul, transaksi Mkios. Kamu lebih sering yang cek pulsa pastinya. ussd untuk cek nomor, ussd untuk cek pulsa, cek kuota. Sering juga untuk pembelian paket data yang ditawarkan oleh provider.
Pengertian USSD dan penjelasan tentang USSD

Sudahkah anda tahu apa sebutan dari perintah tersebut?  Tak banyak orang mengetahui namanya namun yang jelas sudah pasti memakainya. Nah itu adalah USSD. Berikut akan saya jelaskan apa itu USSD?, Apa pengertian dari USSD? simak ulasannya di bawah ini.

USSD

USSD merupakan kependekan dari Unstructured Supplementary Service Data. UUSD sendiri adalah sebuah protokol khusus yang dipakai dalam berkomunikasi antara user layanan selluler dengan penyedia layanan operator yang bersangkutan. Namun layanan UUSD ini hanya tersedia pada perator GSM saja dimana penggunaannya cukup dengan melakukan request dengan format yang telah ditentukan oleh pihak operator.

DIAL USSD

Masih belum jelas tentang USSD itu ? Begini jika anda pengguna kartu telkomsel untuk mengecek sisa pulsa maka akan mengetik *888# lalu menekan tombol dial kan ?. Itulah kode USSD yang dimaksud. Setelah tombol dial anda pencet maka permintaan akan diproses dan beberapa saat kemudian akan muncul umpan balik berupa pop-up berupa pesan dan terdapat beberapa options. Sekarang anda sudah mengetahui apa itu USSD kan ?

Pada pembahasan selanjutnya yang menjadi pertanyaannya adalah apakah kode USSD bisa menggunakan perintah bertingkat ? Maksudnya begini jika anda ingin membeli paket internet dengan tarif khusus maka perlu mengetik kode utama kemudian diikuti dengan beberapa pilihan nomor tertentu sampai selesai.
Misalnya untuk membeli paket data anda harus mengetik kode *111# kemudian pilih nomor 2 (angka dua) dan terakhir pilih 1 (angka satu). Maka jika disingkat akan menjadi *111*2*1#. Begitu cara menyingkatnya, untuk kasus perintah bertingkat lainnya kurang lebih sama (di awali tanda bintang dan diakhiri tanda pagar).


Terkadang kita juga menemui pesan (inbox) dari operator yang memberikan info promo paket murah dengan cara mengetik kode USSD yang panjang atau bertingkat. Nah bisa dipastikan kode tersebut sengaja di setting oleh provider untuk mempermudah pelanggannya. Anda yang sudah terbiasa dengan berbagai macam kode USSD terkadang juga kesulitan saat menggunakan kode yang panjang dan bertele-tele sehingga kode sekali request akan sangat lebih membantu anda.

Sebagai Contoh: untuk berlanggan paket internet bulanan telkomsel  adalah *363*2*2*1*1# kemudian tekan call/Ok/Yes. Maka provider akan memproses permintaan anda dan anda akan mendapatkan informasi sukses atau gagal lewat sms.

Baca Juga : Cara Beriklan Bisnis Pulsa Online

Kesimpulan :

Jadi semua kode USSD itu dimulai dengan tanda bintang * dan penutupnya tanda pagar #. Bentuk perintah Kode-kode USSD yang di buat oleh provider sangat sensitif artinya 1 kesalahan mengetik angka hasilnya atau perintah tidak akan dikenali dan tidak sesuai harapan. Sistem USSD digunakan oleh operator untuk kemudahan pengguna selluler karena menggunakan pull service tanpa harus mengetik perintah demi perintah lewat sms yang tentunya berbayar. Dengan sistem USSD pula pengguna layanan dan penyedia layanan akan lebih mudah dan interaktif karena pengguna tidak dikenakan biaya akses. Kesalahan membalas pada USSD atau salah ketik akan mengakibatkan request tidak akan bisa diimplementasikan dan tidak akan diproses.

Itulah Pengertian dari USSD dan sedikit pemahaman tentang USSD menurut PanduanBisnisPulsa.com. Jangan lupa baca artikel lainnya yang masih membahas seputar bisnis pulsa online. Tinggalkan komentar jika ada pertanyaan dan kritik. Terima kasih

Anda mencari Distibutor PULSA & KUOTA termurah ? disini tempatnya: Klik Disini.

Telusur Reload

Posted by Ahmad Farid at Jumat, Desember 29, 2017


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top